Jumat, 13 Agustus 2010

Bekam = Hijamah



Mungkin anda sudah familiar terhadap metode pengobatan ini.Mungkin juga anda belum tau apa itu bekam. Tulisan ini akan memberikan penjelasan singkat mengenai apa itu bekam beserta pengalamanku sendiri.

Bekam adalah bentuk usaha menjaga kesehatan dari mulai pencegahan/antisipasi sampai pengobatan terhadap penyakit-penyakit dengan cara mengeluarkan darah kotor dari tubuh secara langsung pada titik-titik atau bagian tubuh tertentu.

Cara kerja bekam :

  1. Mengeluarkan darah kotor yang menjadi sumber masalah kesehatan.
  2. Darah dikeluarkan dengan cara melukai bagian tubuh tertentu yang menjadi pusat mengumpulnya aliran darah kotor.
  3. Cara mengeluarkan darah adalah disedot pada permukaan kulit di bagian tubuh tersebut dengan menggunakan kop kecil yang telah dikondisikan hampa udara.
Cara Tradisional
Biasanya menggunakan tanduk kerbau. Agar tanduk kerbau dapat menempel adalah dengan membakarkan kapas kemudian langsung ditempelkan pada bagian tubuh yang akan diambil darah kortornya.

Cara modern

Adalah menggunakan gelas yang dibuat sedemikian rupa sehingga ketika ditempelkan ke kulit dapat disedot udara yang ada di dalam gelas tersebut sehingga menempel pada kulit.

Bagaimana hanya darah kotor bisa keluar ?
Dara kotor memiliki saluran-saluran tersendiri pada tubuh manusia. Ada saat dia akan lewat ditepian kulit luar. Nah bagian inilah yang akan dibekam. Sehingga hanya darah kotor yang akan tersedot.

Logika
Bekam dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit adalah bahwa penyakit manusia itu sebagaian besar dikarenakan oleh darah kotor. Baik darahnya yang kotor oleh makanan atau ada penyumbatan aliran darah. Kedua permasalahan darah ini sering kali menjadi biang penyakit manusia. Bekam mengambil darah kotor secara instant/langsung pada bagian yang sakit sehingga efek pengobatan menggunakan bekam bisa langsung dirasakan.

  1. Bekam mengeluarkan dara kotor langsung pada bagian tubuh yang sakit
  2. Bekam dapat mengambil / membersihkan saluran darah yang tidak lancara karena sumbatan-sumbatan sehingga peredaran darah kembali lancar.

Darimana bekam berasal ?
Semua orang sudah tahu, bekam adalah warisan pengobatan islam yang diperintahkan langsung oleh Nabi Muhammad saw. OK aku gak akan bahas di sini, anda bisa membaca di artikel lain.

Berbahayakah bekam ?
Menurutku tidak !
Untuk saat ini yang penting adalah jarum atau pisau yang digunakan untuk melukai kulit adalah sekali pakai. Maksudnya tidak dipakai bergantian. Bahayanya bukan pada bekamnya teteapi pada peralatannya. Takutnya pernah digunakan pada orang yang penyakitan seperti HIV atau lainnya.

Bekam sama halnya tubuh kita dilukai kecil sekali. Lebih berbahaya atau lebih parah efeknya jika tubuh terluka oleh pisau atau tertusuk paku atau sejenisnya. Lukanya dalam dan urat saraf yang putus lebih banyak.

Tetapi perlu diiingat bekam harus pada titik-titik tertentu pada tubuh, tidak asal bekam saja. Karena jika salah titik darah kotor tidak akan keluar dari tubuh malah darah segar. Karena aliran darah kotor ada titik-titik tersendiri pada tubuh kita.

Karena sifatnya menarik cairan dari dalam tubuh, maka bekam tidak boleh pada bagian tubuh yang sensitif seperti lutut karena bisa-bisa cairan pada tulang kering atau persendian tulang yang akan tersedot keluar.

Sumber:
http://ahsanfile.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template